Kepala PerPusNas lantik 35 Pejabat Fungsional

Dilansir langsung dari
www.perpusnas.go.id

Salemba, Jakarta–Di saksikan Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Ofy Sofiana, dan Inspektur, Darmadi, Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, melantik 35 pejabat fungsional naik jenjang, Kamis, (2/7). Pada kesempatan tersebut, mantan Sekretaris Utama Perpusnas, Sri Sumekar, turut dilantik menjadi Pustakawan Utama, yang sekaligus mengakhiri masa jabatan strukturalnya sebagai Sekretaris Utama.

Kepala Perpusnas mengisahkan bagaimana rivalitas Presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson, dan Wakil Presiden, John Adams, tidka menghalangi niat keduanya mendirikan Library of Congress yang terkenal hingga sekarang. Pun dengan para pustakawan agar tidak berpikir dan bekerja untuk dirinya sendiri. 

“Pustakawan bukan bekerja untuk dirinya sendiri, lalu mengumpulkan angka kredit, dan kemudian naik jabatan. Tetapi bagaimana mencerdaskan anak bangsa,” terang Kepala Perpusnas saat arahan saat pelantikan.

Kepala Perpusnas juga mengingatkan, momen Hari Jadi organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) pada 7 Juli nanti bukan sebagai momen kenangan, mengingat ketika deklarasi pertama dikumandangkan, melainkan apa yang bisa selanjutnya dipersembahkan dari para pustakawan.

“Pustakawan sejak dilahirkan tidak pernah mendeklarasikan dirinya sebagai orang pintar melainkan sebagai pengelola ilmu pengetahuan. Literasi adalah pembatas yang jelas antara kehidupan purba ke modern. Dan yang membedakan diantara kedua masa tersebut adalah aktivitas membaca. Pustakawan harus bisa menggali semua informasi yang diperolehnya untuk kemudian dieksplorkan kepada masyarakat dengan menggunakan media-media yang ada,” ucap Syarif Bando.

Reportase : Hartoyo Darmawan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *