Perpustakaan Universitas Cenderawasih

PUSTAKAWAN UNCEN BORONG PIALA PUSTAKAWAN TERBAIK

Spread the love

 

“UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih berhasil mendapatkan 3 tropi sekaligus dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Papua tahun 2021”

Pemenang Pustakawan Terbaik

Pustakawan merupakan sebutan untuk orang-orang yang punya kompetensi dari pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan. Seorang pustakawan diberi tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Seiring perkembangan zaman, pustakawan dituntut untuk meningkatkan kompetensinya, tidak hanya berkutat di dalam perpustakaan, pustakawan juga harus mampu berkompetis, berinovasi, berkinerja, berprestasi tinggi, dan berpartisipasi aktif, serta turut membangun lingkungannya sehingga dapat mengangkat citra, agar sejajar dengan profesi-profesi lainnya untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat pemustaka di lingkungan sekitarnya, maupun di ranah luar yang bisa dijangkau pustakawan tersebut.

Dalam rangka mendorong dan memberi semangat para Pustakawan untuk meningkatkan kompetensinya, maka Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua mengadakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Papua tahun 2021 yang diselenggarakan tanggal 15-16 Juni 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh Pustakawan-pustakawan dari institusi pendidikan, pemerintahan, maupun umum. Penilaian dilaksanakan secara cermat oleh tim dewanjuri. Ada 4 aspek yang dinilai, yaitu portofolio dengan bobot penilaian 20%, tes kognitif/tes tertulis 10%, wawancara 35%, dan presentasi karya tulis ilmiah dengan bobot penilaian 35%.

Pengumuman diadakan pada tanggal 18 Juni 2021 dengan menghasilkan Pustakawan terbaik Juara 1, 2, 3, Harapan 1, 2, dan 3 dengan masing-masing mendapatkan Tropy, piangam penghargaan, dan uang pembinaan. UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih yang mengirimkan 3 pustakawan terbaiknya berhasil mendapatkan 3 tropi sekaligus yaitu sebagai juara 1 diraih Novia Lestari Br. Pinem, A.Md, Juara 2 diraih Fatmawati, S.IP, juara Harapan 1 diraih oleh Ratna Sari Damayanti, S.I.Pust.

Dengan hasil yang diraih berharap UPT. Perpustakaan Cenderawasih semakin bersemangat dalam melayani, memenuhi kebutuhan pemustaka dan menghasilkan karya untuk kemajuan Perpustakaan khususnya dan Universitas Cenderawasih sebagai lembaga induk yang mengayominya.

Oleh : Ratna S.D.

PUSTAKAWAN UNCEN BORONG PIALA PUSTAKAWAN TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top