Perpustakaan Universitas Cenderawasih

VISITASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH 2021

Spread the love
Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI menyerahkan bukti hasil visitasi UPT Perpustakaan Universitas Cenderawasih kepada Kepala Perpustakaan Universitas Cenderawasih.

 

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang mengamanatkan untuk membangun dan mengembangkan semua jenis perpustakaan di Indonesia, maka UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih terus berbenah guna memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Tidak cukup itu saja, sebagai bukti untuk penjaminan mutu dan kualitas, Perpustakaan perlu mendapatkan pengakuan dari Pemerintah dalam bentuk Akreditasi.

Sudah dari dua tahun yang lalu sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Perpustakaan Universitas Cenderawasih mulai mempersiapkan diri untuk memenuhi syarat untuk diakreditasi sesuai dengan Perka Perpusnas Nomor 10 tahun 2018 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Namun karena pandemi Covid-19, Pepustakaan baru mengajukan permohonan Akreditasi tanggal 20 April 2021. Surat jawaban dari Direktorat Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Indonesia sebagai Badan yang Membidangi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan baru diterima tanggal 7 September 2021.

Surat tersebut berisikan bahwa setelah dilakukan uji kelayakan, hasil menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Cenderawasih layak untuk dilakukan visitasi. Visitasi merupakan kunjungan yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh pengaju akreditasi melalui pengisian instrumen akreditasi. Dan visitasi ke Perpustakaan Universitas Cenderawasih akan dilakukan pada tanggal 17-18 September 2021.

Pada tanggal 17 September 2021 sesuai waktu yang telah ditentukan, tim asesor tiba di Bumi Cenderawasih sekitar pukul 08.00 WIT dengan dijemput oleh tim dari UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih di bandara udara Sentani Jayapura. Tim Asesor yang hadir yaitu Drs. Supriyanto, M.Si (Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Indonesia), Drs. B. Mustafa M.Lib (Asesor LAP-N), dan Anggun Kusuma Tri Utami, S.IPI (Pustakawan Ahli Muda). Dari bandara Sentani rombongan langsung melakukan perjalanan menuju Rektorat Universitas Cenderawasih.

Sesampainya di Rektorat disambut oleh Rektor dan jajarannya. Dengan diadakan seremonial kecil sebagai tanda dibukanya proses Akreditasi Perpustakaan Universitas Cenderawasih. Dari tim Asesor diwakili oleh Bpk. Drs. Supriyanto, M.Si memberi sambutan. Tim Asesor menyambut baik Akreditasi Perpustakaan Universitas Cenderawasih, berharap visitasi ini menghasilkan nilai yang tinggi sehingga Perpustakaan Universitas Cenderawsih bisa menjadi pusat rujukan dan pusat penelitian di wilayah Indonesia Timur. Bapak Supriyanto juga menjelaskan masa berlaku sertifikat akreditasi jika perpustakaan mendapat akreditasi “A” adalah 5 tahun, “B” 4 tahun, dan jika mendapat “C” masa berlakunya adalah 3 Tahun. Nanti apabila Perpustakaan mendapat nilai “A”, dari Perpusnas akan ada surveillance dari Perpusnas, yaitu mengirimkan utusan untuk melakukan bimbingan, pemantauan, dan evaluasi mutu Perpustakaan Universitas Cenderawasih atas nilai yang diperoleh, apabila kualitasnya menurun sebelum 5 tahun, maka nilai akreditasi juga akan ditinjau kembali.

Dilanjutkan sambutan oleh Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T sebagai Rektor Universitas Cenderawasih. Bapak Rektor mengucapkan selamat datang kepada tim Asesor di Jayapura Papua, khususnya di Universitas Cenderawasih. Berterimakasih kepada Perpusnas karena permohonan akreditasi diterima, dengan mengajukan permohonan akreditasi berarti siap untuk divisitasi. Bapak Rektor juga berterimakasih kepada seluruh pegawai yang telah mengelola perpustakaan, telah bekerja sekuat tenaga untuk tercapainya perpustakaan yang lebih baik terutama sesuai Standar Nasional  Perpustakaan Republik Indonesia. Mungkin nantinya akan terdapat kekurangan-kekurangan, mohon untuk diberi masukan-masukan karena perpustakaan merupakan jantung dari perguruan tinggi dan tanpa adanya perpustakaan maka Universitas Cenderawasih  bukan apa-apa. Perpustakaan merupakan fasilitas penunjang yang sangat penting, karena bisa mendorong situasi akedemik yang dinamis dan kreatif. Oleh karena itu Universitas berkomitmen untuk terus mengembangkan Perpustakaan supaya lebih berkembang, baik dari segi SDM, layanan maupun fasilitas..Kepada Tim Asesor Bapak Rektor menyampaikan agar Perpusnas bisa memberi bantuan berupa bimbingan dan dukungan agar Perpustakaan Universitas Cenderawasih bisa lebih baik lagi kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan pemutaran video profil Perpustakaan Universitas Cenderawasih oleh Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih, ibu Thereseta Evilianingsih, S.IP, M.Si.

Setelah dari rektorat acara dilanjutkan peninjauan langsung ke UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih. Disana tim Asesor meninjau ruang demi ruang perpustakaan, sampai ke sudut-sudutnya. Setelah cukup dilanjutkan acara verifikasi data pada borang akreditasi. Acara kemudian berlanjut ke resume dan pembacaan nilai sementara hasil ferifikasi dan validasi data dengan realita di lapangan.

Dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, skor atau nilai akhir sementara hasil visitasi akreditasi cukup membanggakan yaitu mendapat Akreditasi “A” meski masih merupakan nilai sementara karena masih ada dokumen yang harus dilengkapi. Ini berarti doa kita selama ini terwujud. Dan Perpustakaan sudah harus mempersiapkan diri untuk tantangan selanjutnya, menjadi perpustakaan rujukan di wilayah Indonesia Timur.

Di akhir acara Visitasi rombongan kembali lagi ke rektorat untuk isoma dan penutupan. Acara penutupan dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) 4, Bpk. Fredrik Sokoy, S.Sos.,M.Sos menggantikan Bpk. Rektor yang tidak bisa menghadiri acara penutupan karena ada kepentingan lain. Bapak Supriyanto mewakili tim Asesor menyerahkan hasil nilai sementara akreditasi kepada WR. 4 sebagai simbolis bahwa Perpustakaan sudah mengantongi Akreditasi “A”.

Bpk Supriyanto juga meyampaikan amanat “merupakan prestasi yang cukup membanggakan, karena di wilayah Universitas di Indonesia Timur baru Papua (Uncen) yang mendapat nilai “A”, diharapkan bisa memicu, menjadi dorongan dari pihak manajemen untuk pengembangan perpustakaan, karena memang tidak hanya hasil “A” atau sekedar predikat itu nanti yg kita harapakan, bahwa konsistensi dari pelayanan kepada masyarakat dan kelayakan untuk memperoleh predikat “A” karena memang perpustakaan terakreditasi ini nanti akan menjadi pusat rujukan di tingkat lokal, provinsi, maupun nasional.

Dengan berakhirnya visitasi Akreditasi Perpustakaan Universitas Cenderawasih, memberikan PR besar kepada Perpustakaan untuk segera berbenah lebih baik lagi, mempertahankan mutu, melayakkan diri menjadi perpustakaan rujukan di wilayah Indonesia Timur.

 

Oleh : Ratna S.D.

VISITASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top