You are currently viewing SYUKURAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH MENDAPAT AKREDITASI “A”

SYUKURAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH MENDAPAT AKREDITASI “A”

Universitas Cenderawasih sebagai Universitas tertua di Papua sudah memasuki usia yang tidak muda lagi. Yaitu sudah 59 tahun bersama pemerintah ikut memajukan negeri, mencerdaskan anak bangsa di tanah Papua. Seiring dengan itu, UPT. Perpustakaan yang didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas, yaitu pada tanggal 10 November 1962 juga telah memasuki usia yang ke 59 tahun. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa diusianya tersebut UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih telah berhasil membuktikan diri menjadi Perpustakaan yang layak dibanggakan Universitas Cenderawasih dengan meraih Akreditasi “A”

Selasa tanggal 09 November 2021, UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih punya hajatan, yaitu syukuran dalam rangka meraih Akreditasi “A” periode 2021-2026 oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Acara mengundang Rektor, Ketua Senat Universitas, Para pembantu rektor Para Kepala BIRO, Para Ketua Lembaga, Para Dekan, Para Kepala UPT, dan Staf-stafnya.

Sekitar jam 10.00  wit acara dimulai dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Thereseta Evilianingsih, S.IP., M.Si. selaku Kepala UPT. Perpustakaan. Di dalam sambutannya ibu Evi ( Sapaan akrab Ibu Kepala Perpustakaan) mengucapkan syukur kehadirat Tuhan, dan mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak yang telah membantu hingga UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih dapat meraih nilai “A” dalam akreditasinya. Dalam kesempatan tersebut ibu Evi juga mengungkapkan isi hatinya mengenai kondisi perpustakaan yang sebenarnya, bahwa meskipun sudah meraih akreditasi “A” masih banyak yang harus dibenahi dan membutuhkan perhatian dan bantuan dari berbagai pihak terutama dari Rektorat dan civitas akademika agar supaya Perpustakaan bisa terus mempertahankan nilai akreditasinya. Karena nanti setiap tahunnya selama akreditasi berjalan, dari pihak pemberi akreditasi yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan melakukan evaluasi dan survey terhadap Perpustakaan, apakah setelah mendapat Akreditasi “A” ini perpustakaan mengalami kemajuan atau malah kemunduran.

Di sela acara sambutannya, ibu Evi juga memberikan kesempatan kepada stafnya untuk menyampaikan uneg-unegnya. Tampil bapak Abdul Kadir sebagai Pustakawan senior mewakili semua staf menyampaikan kebutuhan-kebutuhan untuk mendukung operasional pelayanan perpustakaan agar nyaman bagi pemustaka maupun semua staf dalam pelayanan kepada pengunjung perpustakaan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh bapak Rektor Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T yang diwakili oleh Wakil Rektor (WR) 4, Bp. Fredrik Sokoy, S.Sos.,M.Sos. Bapak Rektor tidak bisa hadir karena harus menghadiri undangan dari Gubernur. Bapak Fredrik sangat mengapresiasi tentang pencapaian UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih mendapatkan Akreditasi “A”, beliau sangat mendukung dan berjanji akan menyampaikan uneg-uneg yang disampaikan ibu Evi dan Bpk. Abdul Kadir kepada bapak Rektor dan membantu sebisanya agar kebutuhan-kebutuhan UPT. Perpustakaan bisa terpenuhi agar dapat mempertahankan Akreditasi “A” nya. Karena pencapaian tersebut merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi Universitas Cenderawasih, dengan pecapaian tersebut tentunya pamor Universitas Cenderawasih di mata Nasional maupun Internasional juga akan meningkat.

Selesai sambutan dari Bp. Fredrik acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat akreditasi dari Ibu Evi kepada Bp. Fredrik dan pemotongan tumpeng dilakukan oleh ibu Evi  diberikan kepada Bapak Wakil Rektor dan Ketua Senat, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan kerja sama seluruh sivitas akademika Uncen atas tercapainya Nilai Akreditasi UPT Perpustakaan. Acarapun kemudian ditutup dengan jamuan kasih. Oleh : Ratna S.D.

Leave a Reply