You are currently viewing Sosialisasi Repository Institusi dan Pelatihan Penginputan Data Repository Universitas Cenderawasih

Sosialisasi Repository Institusi dan Pelatihan Penginputan Data Repository Universitas Cenderawasih

Jayapura. Repository Institusi saat ini merupakan hal penting yang wajib dimiliki setiap perguruan tinggi di manapun berada. Repositori merupakan wadah penyimpanan digital milik institusi yang bertujuan untuk menyimpan, mengelola, mempublikasikan dan melestarikan hasil karya intelektual institusi  untuk kepentingan akademis/penelitian. Hal ini dikuatkan dengan Surat Edaran Ristekdikti Nomor: B/323/B.B1/SE/2019 tanggal 21 Mei 2019  tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Magister, dan Doktor agar seluruh karya tersebut dimuat dalam Repositori Institusi yang terintegrasi di portal Repositori Tugas Akhir Mahasiswa Kemenristekdikti (rama.kemdikbud.go.id).

Pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 7-8 April 2022 UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih melaksanakan kegiatan Sosialisasi Repository Institusi dan pelatihan penginputan data repository dengan mengundang narasumber yaitu Bapak Vincentius Widya Iswara yang akrab disapa Bapak Vincent dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya guna melatih dan memberikan sosialisasi terkait repository institusi kepada civitas akademika di Universitas Cenderawasih.

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan di ruang pertemuan gedung Rektorat lantai III yang dibuka oleh Bapak Pembantu Rektor IV, bapak Dr. Fredrik Sokoy,S.Sos.,M.Sos  mewakili Rektor Universitas Cenderawasih. Kegiatan ini mengundang para Dekan, dan Pembantu Dekan I dari masing-masing Fakultas,   Direktur Pascasarjana dan Asisten Direktur I, para Ketua Lembagar. Dalam sambutannya bapak PR 4 mengatakan “Memang repository institusi ini sesungguhnya adalah  semacam system informs digital, dan memang sudah menjadi kebutuhan sangat melekat dalam perguruan tinggi yang sedang Menyusun berbagai metode, strategi, informasi yang tercepat, lebih akurat, dan terstruktur… “

Selesai acara sosialisasi di Gedung Rektorat, acara dilanjutkan pelatihan penginputan data karya civitas akademika ke dalam aplikasi repository institusi Universitas Cenderawasih yang memakai program dari e-Print dengan peserta adalah semua staf UPT. Perpustakaan Universitas Cenderawasih di Gedung Perpustakaan lantai II dengan dipandu oleh bapak Vincent. Karena tidak cukup hanya setengah hari saja Pelatihan dilanjut di hari kedua esoknya.

Dengan pelatihan bagi para staf UPT. Perpustakaan, berharap nanti bisa melatih para operator yang berada di Fakultas dalam penginputan data repository di masing-masing Fakultasnya sebagai bentuk kerja sama dengan UPT. Perpustakaan untuk mengatasi keterbatasan SDM di UPT. Perpustakan. Oleh : Ratna Sari D.

Leave a Reply